D E M A K, 30 S/D 31 MEI 2023.

Pelaksanaan Kegiatan Subkoor KHPK Ratih Damayanti, SH Dalam rangka Workshop dan Study Tiru Pembentukan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA/PUSPA). Bertempat di Hotel Dominic Purwokerto selama 2 hari. Dengan 28 Peserta perwakilan Kepala Desa/Perangkat Desa di 14 Kecamatan Kab. Demak. Demak. Dengan Narasumber Yulis Sulityanto Direktur Program Yayasan Setara Semarang dengan Materi yang disampaikan Konsep Relawan Sahabat Perempuan dan Anak Untuk DRPPA. Kegiatan malam Sesi ke 2 Sambutan sekaligus membuka acara dan pemberian arahan oleh Kepala DINSOS P2PA Kab. Demak Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si dan dilanjutkan materi dari narasumber.

Salah satu tujuan DRPPA untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa, BPD dan masyarakat desa tentang pengarustamaan gender dan perlindungan anak,” Tujuan lainnya, memastikan pembangunan desa diprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan hidup, kelansungan hidup dan kepentingan terbaik bagi perempuan dan anak tanpa diskriminasi. Selain itu, memperkuat pemahaman peran dan tugas mitra pembangunan dari organisasi masyarakat sipil, media massa, dunia usaha.

Menyinggung mengenai strategi DRPPA, melakukan kaderisasi pengorganisasian dan pengembangan kapasitas, penguatan tata kelola pemerintahan desa, penguatan tata kelola pembangunan desa, penerapan kerja sama antar pihak dan percontohan model DRPPA. Pendekatan DRPPA yakni, melakukan pemberdayaan masyarakat, membuat kebijakan alfirmatif kebijakan yang berpihak pada kepentingan perempuan dan anak, desentralisasi asimetris dan benchmarking. Indikator DRPPA. Sejumlah indikator tersebut di antaranya, adanya pengorganisasian perempuan dan anak di desa, tersedianya data desa yang memuat data pilah tentang perempuan dan anak dan tersedianya peraturan desa tentang DRPPA.Juga tersedianya pembiayaan dari keuangan desa dan pendayagunaan aset desa untuk mewujudkan DRPPA melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di desa.

Hari ke-2 kunjungan lapangan ke Desa Pandansari Kec. Kejobong Kabupaten Purbalingga Bertempat di Aula Desa Pandansari Kec. Kejobong. Kegiatan diawali dengan penampilan kesenian tari pring pengki dan seni beladiri pagar nusa dari Forum Anak Desa Pandansari. Sambutan dari Kepala Desa Pandansari Bapak Ribi dilanjutkan dengan Pembukaan sekaligus arahan oleh Kepala DINSOSDALDUKKBP3A Eni Sosiatman. S.Sos.

Workshop dan Study Tiru Pembentukan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA/PUSPA) TAHUN 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *