BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (P2PA) DEMAK.

D E M A K, SENIN 31 OKTOBER 2022. PUKUL 08.00 WIB.

Subkoor PPA  Ana Istiqomah, S.Psi, Psi melaksanakan kegiatan dalam rangka Sosialisasi Pencegahan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Pondok Pesantren Kabupaten Demak Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati Demak Lantai 2. Dengan peserta yang dihadirkan perwakilan 30 PONPES Kab. Demak. Acara yang dihadiri secara langsung Oleh Wakil Bupati Demak KH. Ali Makhsun, M.Si dan Plt. Kabid P2PA Maftukhah Kurniawati, SH, MH dengan Narasumber dari YKKS Semarang Paulus Mujiran serta dari KEMENAG Kab. Demak  Ahmad Anas.

Wakil Bupati Demak membuka acara tersebut  serta menyampaikan, tindak kekerasan ini terjadi bukan hanya di lingkungan yang kurang kondusif, melainkan dapat terjadi di lingkungan yang kita anggap aman seperti sekolah, dan lingkungan pondok pesantren.
Dampak kekerasan pada anak akan menimbulkan trauma mendalam, yang berpotensi meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam masalah kesehatan fisik maupun mental. Ini menjadi alarm bagi kita semua, bahwa lingkungan pendidikan berbasis keagamaan tidak serta merta bebas dari risiko kekerasan bagi anak. Mari kita bangun kesadaran bersama bahwa kekerasan bukan bagian dari media pembelajaran. “Perlindungan anak menjadi tanggung jawab kita bersama, guna menciptakan generasi penerus yang cerdas dan berakhlakul karimah. Dalam kesempatan tersebut dirinya juga meminta kepada KEMENAG khususnya yang membidangi Pondok Pesantren dapat menguatkan tugas dan fungsi, terutama dalam mendorong pondok pesantren agar memiliki pedoman pola pengasuhan dan bimbingan di lingkungan pondok pesantren. Buatlah program evaluasi pelaksanaan pengasuhan dan penanganan keluhan masalah anak, demi terwujudnya kualitas pembelajaran pondok pesantren yang lebih baik.

SOSIALISASI PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *