D E M A K, Jum’at s/d Minggu 17 – 19 Juni 2022.

BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK BERSAMA DHARMAWANITA PERSATUAN KABUPATEN DEMAK

Pelaksanaan kegiatan SDM , Pengurus Dharmawanita Persatuan Kabupaten Demak Tahun 2022 dengan Tema Meningkatkan Peran Organisasi Perempuan dan Pembangunan Daerah. Kegiatan berlangsung di Hotel Horison Batu Malang dihadiri secara langsung oleh Bapak Wakil Bupati Demak (K. H. Ali Makhsun, M.S.I.),  Pj. Sekda sekaligus Kepala DINSOS P2PA Kab. Demak (Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si) ,Sekretaris DINSOS P2PA Kab. Demak (Arief Sudaryanto,S.Sos, M.Si) dengan  Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Batu (DP3APK2KB). Kegiatan dibuka sekaligus pemberian arahan dari Wakil Bupati Demak (K. H. Ali Makhsun, M.S.I.),  dilanjutkan Materi dari  Pj. Sekda sekaligus Kepala DINSOS P2PA Kab. Demak beliau mememaparkan mengenai Peran Organisasi Perempuan Dalam Pembangunan Daerah.

  1. Meningkatkan peran wanita dalam pemulihan Ekonomi UMKM
  2. Menjadi Pionir ikut menyelesaikan persoalan perempuan dan anak;
  3. Membeli dan menggunakan produk lokal, dan mendorong UMKM Go Digital;
  4. Menyuarakan hak-hak perempuan untuk kesetaraan gender;
  5. Menanamkan nilai dan norma yang baik bagi keluarga dan masyarakat;
  6. Turut berkolaborasi agar dapat menyiapkan perempuan handal di Era Digitalisasi 4.o
  7. Selain menjadi pendamping suami tetapi juga menjadi Mitra suami dalam banyak konteks;
  8. Ikut serta dalam pendampingan persoalan kesehatan di Masyarakat;
  9. Berpartisipasi aktif dalam penyuluhan kegiatan Pendidikan dan antisipasi terhadap tindak kekerasan perempuan dan anak.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi Narasumber dari DP3APK2KB Batu Malang mengenai Pengaruh dan Dampak KDRT Pada Produktivitas Keluarga salah satunya

Faktor Penyebab KDRT : Kurangnya informasi terkait kekerasan dan dampaknya, Stress, Ketidaksetaraan Gender, Nikah Siri, Pernikahan Usia Anak, Ekonomi, Dominasi, Perselingkuhan, Pandemi dan Miras & Narkoba. Dampak KDRT : Kesehatan Fisik, Kesehatan Mental dan  Tumbuh Kembang Anak Gangguan Kognitif Perilaku Sosial dan Emosional.

PENINGKATAN SDM PENGURUS DHARMAWANITA PERSATUAN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *