Pendamping Sosial PKH Kecamatan Guntur (UMMI ROFIATUN NAFIAH,S.Pd.I) melaksanakan Kegiatan di Desa Blerong pertemuan P2K2 Pada Kamis 19 Mei 2022, pukul 11.35 WIB,  yang dimonitoring oleh Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Demak 2 yang didampingi Korcam Guntur (AGUS ROMLI,S.Pd.I,MM) bertempat di Rumah KPM Jalan Ki Godek No 2 RT.01/RW.03, Dukuh Krajan Karangmalang Desa Blerong Kecamatan Guntur. Dalam acara tersebut disampaikan tentang manfaat guna PKH dan pengertian Stunting serta disampaikan survei kepuasan pendampingan PKH Kab. Demak.

Dalam kesempatan ini Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Demak 2 (LUTHFI CHALIM,S.Pd.I) menyampaikan stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya dan memiliki penyebab utama kekurangan nutrisi. Juga stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya. Banyak yang tidak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan tubuh si kecil. Hanya saja, perlu diingat bahwa anak pendek belum tentu stunting, sedangkan anak stunting pasti terlihat pendek. Masalah kesehatan ini merupakan akibat dari berbagai faktor yang terjadi pada masa lalu. Berbagai faktor tersebut antara lain asupan gizi yang buruk, berkali-kali terserang penyakit infeksi, bayi lahir prematur, serta berat badan lahir rendah (BBLR). Kondisi tidak tercukupinya asupan gizi anak ini biasanya tidak hanya terjadi setelah ia lahir saja, melainkan bisa dimulai sejak ia masih di dalam kandungan.

Untuk mencegah stunting dapat dilakukan dengan berbagai upaya menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016. Cara mencegah stunting menurut Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, yakni: Cara mencegah stunting untuk Ibu Hamil dan Bersalain; Untuk Anak Balita; Untuk Anak Usia Sekolah; Untuk Remaja dan Untuk Dewasa Muda.

Sosialisasi Penyebab dan Pencegahan Stunting Kepada KPM PKH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *