D E M A K, KAMIS 19 MEI 2022.

BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN DEMAK.

Bekerjasama dengan Gabungan  Organisasi Wanita Kabupaten Demak. Pelaksanaan kegiatan  dalam rangka Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Pola Asuh Anak. Bertempat di Ruang Ballroom Wakil Bupati  lantai satu Kab. Demak dengan peserta anggota GOW Kab. Demak. Kegiatan dibuka secara langsung sekaligus pemberian arahan  oleh Kepala Dinas Sosial, Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Demak (Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si)

beliau menyampaikan meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan. Serta penyampaian masalah Stunting Stunting adalah masalah bersama,jadi harus diselesaikan secara gotong-royong ,melalui komunikasi dan promosi harus dilakukan secara masif ,bertahap, berjenjang, dan secara continue ,dan upaya ini harus dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat sehingga kedepannya Kabupaten Demak bisa menjadi kabupaten bebas stunting.

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan dari Ketua GOW  Kab. Demak (Ibu Etty Mulyoto Adhi) beliau memberikan motivasi kepada Para Perempuan Gabungan Organisasi Wanita Kab. Demak.

dilanjutkan dengan Pemateri/Narasumber oleh Kepala Puskesmas Bonang II (Ibu Indah Kusumawati, S.SIT,SKM,M.Kes) dengan Materi Perilaku Hidup Bersih Sehat Kunci Keluarga Sehat

Salah satu tatanan PHBS yang utama adalah PHBS rumah tangga yang bertujuan memberdayakan anggota sebuah rumah tangga untuk tahu, mau dan mampu menjalankan perilaku kehidupan yang bersih dan sehat serta memiliki peran yang aktif pada gerakan di tingkat masyarakat. Berikut ini 10 indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga :

1. Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan

2. Pemberian ASI eksklusif

3. Menimbang bayi dan balita secara berkala

4. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih

5. Menggunakan air bersih

6. Menggunakan jamban sehat

7. Memberantas jentik nyamuk

8. Konsumsi buah dan sayur

9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari

10. Tidak merokok di dalam rumah

Sesi kedua penyampaian materi  Pola asuh Anak Pola asuh anak didasarkan pada :

  1. Kebutuhan Dasar Anak :  Biologis – Fisik (Asuh), Stimulasi (Asah) Dan Kasih Sayang  (Asih)
  2. Mengetahui Pola Asuh Anak : Otoritatif ( demokratik), Otoriter (diktator), Permisive dan Tidak Peduli.

PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DAN POLA ASUH ANAK TAHUN 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *