Kegiatan Bidang P2PA Pada DINSOS P2PA Kab.Demak mengenai Review Penganggaran Responsif Gender ( PPRG ) yang dilaksanakan Pada hari Jum’at, Tanggal 3 Mei 2019 bertempat di ruang pertemuan Bidang P2PA, Dinas Sosial P2PA Kab. Demak. dengan peserta Tim POKJA PUG sejumlah 37 ( tiga puluh tujuh ) orang bergiliran dan sebagai Narasumber Kepala Bidang P2PA Pada DINSOS P2PA Kab. Demak Maftukhah Kurniawati, SH. MH Dan Kasi Kualitas Hidup Perempuan Dan Keluarga ( KHPK ) Rahayu Puji Lestari, S. SiT. Membahas kegiatan review hasil PPRG dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan  pengumpulan berkas PPRG dari masing-masing OPD.  Review dilaksanakan dari analisis masalah dari masing-masing OPD yang tertuang dalam PPRG Tahun 2019 meliputi:

  1. Identifikasi Data Pembuka Wawasan.
  2. Penetapan masalah kesenjangan gender.
  3. Identifikasi faktor penyebab, bedakan dalam kelompok penyebab langsung, penyebab tidak langsung dan akar masalah.
  4. Penetapan Masalah Kesenjangan Masalah strategis gender adalah masalah dengan cakupan luas, mendesak untuk diselesaikan dan jika diselesaikan akan memiliki multiplier efek.
  5. Identifikasi Faktor Penyebab, cari faktor penyebab kesenjangan tersebut.
  6. Faktor penyebab kesenjangan dapat dilihat dari beberapa faktor yang menimbulkan bias atau berbagai bentuk diskriminasi antara laki-laki dan perempuan.
  7. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah : sosial/lingkungan, faktor agama, faktor adat istiadat / budaya, faktor ekonomi, faktor peraturan perundang-undangan, faktor kebijakan dan lain-lain.
  8. Penetapan Kebijakan, Tujuan dan Program yang Responsif Gender.
  9. Penyusunan Kegiatan Intervensi Setelah program ditetapkan selanjutnya ditentukan kegiatan intervensi yang perlu dilakukan, didalam uraian kegiatan intervensi, tetapkan pula target, indikator kinerja, kelompok sasaran, pelaksana dan waktu pelaksanaan.
  10. Rencana Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi; Monitoring dan evaluasi dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan langkah-langkah analisis dan mengadakan perbaikan apabila diperlukan.

Demikian laporan kegiatan yang bisa  kami laporkan terimakasih.

 

Review Penganggaran Responsif Gender ( PPRG ) 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *