Demak Senin, 20 Juli 2023


Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam IAIN Kudus melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Di Dinas Sosial Kabupaten Demak. Terdapat dua mahasiswa yakni Siti Sholekah dan Mauliya khoirunnisa yang ditempatkan di bidang UPTD Rumah Pelayanan Sosial “Sultan Fatah” Kabupaten Demak. UPTD Rumah Pelayanan Sosial “Sultan Fatah” Kabupaten Demak di pimpin oleh Ibu Aniek Sobichati, SH. Pada kali ini mahasiswa PPL BKI IAIN Kudus ikut serta dalam melaksanakan tugas dinas yakni mengantarkan PM lansia yang bernama ibu jumiyem untuk melakukan Rapid Test di Puskesmas Demak lll. Hasil dari Rapid Test tersebut, merupakan salah satu syarat untuk memenuhi rujukan ke Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Potroyudan di Jepara.

Awal mula Ibu Juniyem ditempatkan di UPTD Rumah Pelayanan Sosial Sultan Fatah Demak, karena pengaduan dari salah satu perangkat Desa Pulosari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak. Ibu Juniyem merupakan lansia yang sudah tidak mempunyai keluarga kandung. Beliau adalah lansia mandiri, akan tetapi masih membutuhkan pendampingan, dikarenakan kaki sebelah kiri Ibu Juniyem pernah mengalami patah tulang, sehingga Ibu Juniyem mengalami kesusahaan dalam berjalan.

Ibu Juniyem dengan keterbatasannya membuat salah satu perangkat desa mengalami belahkasih. Sehingga perangkat desa menghubungi pihak dinsos untuk memberikan pelayanan kepada ibu juniyem. ibu juniyem ditempatkan di rumah pelayanan sosial mulai hari kamis, 13 juli 2023 sampai selasa, 18 juli 2023.

Setelah dilakukan penggalian masalah (asesment) oleh bapak Pandu Nur Hadi Abdullah, S.Sos selaku pekerja sosial di UPTD Rumah Pelayanan Sosial “Sultan Fatah” Kabupaten Demak. Maka Ibu Juniyem digolongkan sebagai lansia sebatangkara. Dengan data lengkap yang dimiliki Ibu Juniyem, sehingga Ibu Juniyem dirujuk ke Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Portoyudan Kabupaten di Jepara.

Mahasiswa PPL IAIN Kudus ikut serta dalam Tugas Dinas merujuk PM lansia ke panti sosial Lanjut usia potroyudan Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *