PKH Kecamatan Guntur dalam acara Gebyar Program Keluarga Harapan (GPKH) pada Jumat 12 Agustus 2022 bertempat di Halaman Kecamatan Guntur, Gebyar PKH merupakan program rutin tahunan dalam rangka menjaga silaturahmi antara pendamping dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga kepala desa, camat berikut jajarannya. Sehingga KPM PKH semakin termotivasi dan semangat bangkit menjadi keluarga mandiri.

Kegiatan yang bertajuk Gebyar PKH ini dihadiri oleh Bupati dr. Hj Eisti’anah,SE, Pj Sekda yang sekaligus Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak Drs.Eko Pringgolaksito,M.Si, Asisten II Sekda Drs. Agus Nugroho LP, serta Camat Guntur Ali Mahbub,SH,MH yang melakukan penanaman 7.600 bibit pohon bersama PKH Kecamatan Guntur. 

Adapun 7.600 batang bibit pohon yang diterima Bupati dari bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Provinsi Jateng adalah sebagai berikut :

■ Ketapang Kencana : 500 batang
■ Pucuk Merah : 1.000 batang
■ Paleng : 2.000 batang
■ Pachira : 2.500 batang
■ Sirsat : 1.000 batang
■ Nangka : 800 batang

Sambutan Bupati Demak mengatakan, gebyar PKH di Kecamatan Guntur dapat menjadi motivasi bagi para keluarga penerima manfaat (KPMPKH dalam meningkatkan budaya hidup sehat dengan berolahraga, mencintai lingkungan dengan penanaman pohon serta menumbuhkan kepedulian sosial dengan donor darah. Dan Beliau juga berpesan kepada para pendamping PKH agar tak segan dan bosan mengedukasi para KPM PKH. Sehingga jumlah KPM berkurang karena mampu hidup mandiri dan tidak lagi berharap bantuan.

Diakui bupati, para pendamping PKH selama ini yang telah berkontribusi positif dan berjuang keras, sehingga KPM PKH yang ada di desa dapat berdaya guna dalam meningkatkan kualitas hidup agar terlepas dari garis kemiskinan. Peran pendamping PKH sangat penting sebagai penanggung jawab dalam proses pendataan, verifikasi serta proses penyaluran bantuan. Persoalan kemiskinan hingga saat ini masih menjadi tantangan yang perlu dituntaskan, sebagai salah satu target pembangunan daerah maupun nasional. Dampak yang ditimbulkan kemiskinan ini cukup serius dalam merenggut kesejahteraan masyarakat.

Seiring HUT ke-77 Kemerdekaan RI, sejumlah kegiatan dirangkai dalam Gebyar PKH Kecamatan Guntur. Yakni senam sehat, donor darah dan pembagian 7.600 bibit pohon kepada 20 kepala desa di Kecamatan Guntur untuk selanjutnya distribusikan ke desa-desa sebagai bagian kepedulian lingkungan dan upaya memperbaiki alam yang semakin menyusut ketersedian oksigen.

:

Bupati Demak Lakukan Penanaman Pohon Bersama PKH Kecamatan Guntur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *