Jumat, 29 Juli 2022  Pendamping sosial Kecamatan Karangawen Nur Istiya Mazidah melakukan kegiatan FDS/P2K2 di rumah Ibu Sukoningsih Rt.01/Rw.05 Desa Sidorejo Kecamatan Karangawen dimulai dari jam 09.00-11.00. Materi FDS/P2K2 yang disampaikan pendamping ke KPM adalah Pencegahan dan Penanganan Stunting. Dimulai dari pengertian, penyebab, dampak hingga pencegahan dan penanganan stunting. Kegiatan FDS/P2K2 tersebut berjalan dengan lancar dan KPM PKH berkomitmen untuk siap mencegah stunting.

Stunting sering terjadi pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Periode emas pertumbuhan dan perkembangan sejak pembentukan janin dalam kandungan ibu hingga bayi berusia 2 tahun. Anak dikategorikan mengalami stunting apabila tinggi badannya berada di bawah minus dua standar deviasi panjang atau tinggi anak seumurannya. Stunting berdampak pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang pada akhirnya akan menurunkan produktifitas SDM dan bonus demografi tidak termanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional.

Program Keluarga Harapan (PKH) secara aktif membangun komunikasi, pemberian informasi dan edukasi melalui kegiatan Family Development Session (FDS) dan merupakan bagian dari tugas pendamping yang dilakukan Pendamping Sosial PKH. Materi yang diberikan pada FDS adalah berbagai bidang dan salah satunya adalah kesehatan dan gizi yang meliputi materi Pencegahan dan Penanganan Stunting.  Tujuan FDS adalah untuk membentuk perubahan perilaku dan konsep diri KPM sebagai orang tua, bagaimana orang tua mengetahui kemampuannya dalam mengatasi masalah dan mampu menyusun strategi untuk memulai perubahan yang direncanakan. Dengan memahami konsep diri, KPM diharapkan mampu mengoptimalkan potensi yang ada di dalam diri, keluarga dan lingkungan untuk berperan aktif dalan pencegahan dan penangan stunting.

#pkh #fds/P2K2 #stunting #pkhdemak #pkhjateng #demak #jateng #KemensosHADIR #sdmpkh #sdmpkhsip

KPM PKH Mengerti Stunting Melalui FDS/P2K2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *