Pada hari Jum’at, 17 September 2021 pukul 09.45 WIB, bertempat di Pendopo Satya Bhakti Praja Kabupaten Demak. Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati dr.Hj Eisti’anah,SE kepada penerima manfaat. Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati KH Ali Makhsun, Kepala Dinsos P2PA Kabupaten Demak  Drs.Eko Pringgolaksito,M.Si dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Demak Ahmad Nur Wahyudi,SH,MH.

Bupati Hj Eisti’anah mengatakan, dampak dari Covid-19 yang begitu besar menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Demak. Bentuk komitmen Pemkab Demak mewujudkan kesejahteraan masyarakat diantaranya adalah dengan memberikan bantuan bagi warga terdampak Covid-19, maupun warga kurang mampu. Kepedulian sosial seperti ini sangat penting untuk saling menguatkan sebagai salah satu upaya meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan satu bangsa satu negara. Terlebih saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan. Mudah-mudahan bantuan dari Pemkab Demak ini dapat bermanfaat dan meringankan beban hidup yang dihadapi warga berpenghasilan rendah.

Sementara itu Kepala Dinsos P2PA Kabupaten Demak Drs. Eko Pringgolaksito,M.Si menjelaskan, Bantuan diberikan kepada empat kelompok penerima manfaat yang anggarannya bersumber dana refocusing APBD Kabupaten Demak. Diantaranya bansos berupa santunan kematian bagi keluarga yang meninggal karena covid-19 dan dimakamkan secara protokol kesehatan (prokes).Bantuan ini diberikan kepada 1.218 penerima manfaat, yang masing-masing sebesar Rp. 1.500.000,-. ditransfer ke rekening ahli waris yang ditunjuk.

Kemudian bansos berupa bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp. 200.000,- per bulan selama dua bulan yang diberikan kepada warga yang masuk DTKS non-program. Jumlah penerima manfaat sebanyak 2.579 keluarga. BLT diberikan di kecamatan masing-masing melalui virtual account dengan Bank Jateng.

Lalu bansos berupa komoditas untuk meningkatkan imunitas (madu, susu kental manis, minyak goreng dan mie instan) bagi 1.597 penyandang disabilitas diberikan di kecamatan masing-masing.

Selain itu bansos berupa komoditas paket sembako diberikan kepada 120 lansia non-potensial dan potensial dibagikan melalui desa.

Bupati Demak Menyerahkan Bantuan Sosial Dampak Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *