Mohon ijin melaporkan hasil tindaklanjut atas aduan Laporgub atas nama Rukadi, Desa Bango  Kecamatan Demak tanggal 24/02/2021.

Telah dilakukan pengecekan kembali pada DTKS dengan keterangan bahwa atas nama Rukadi tercatat di DTKS masih masuk di dalam rumah tangga (ruta) ibu kandungnya atas nama Sunipah, No. KK 3321112403070014, ID BDT 3321070012000082 dan menerima Bansos PKH dan Sembako serta masing-masing menerima PBI JKN/KIS APBN. Rukadi saat ini sudah berkeluarga sendiri dan memiliki KK sendiri namun di DTKS belum terdaftar sendiri. Sehingga pada saat dilakukan pengecekan DTKS secara online adalah mengacu pada ID BDT ruta tersebut, karena ID BDT dalam 1 ruta di DTKS adalah 1 maka hasil yang muncul adalah sesuai perekamaan bansos milik ibunya yaitu menerima bansos PKH dan Sembako.

Tindaklanjut selanjutnya sebagai langkah solusi yang dilakukan, telah dikoordinasikan dengan operator SIKS-NG Desa Bango Kecamatan Demak supaya Rukadi yang status di DTKS saat ini masih sebagai anggota ruta bisa dikeluarkan dari ruta ibunya dan selanjutnya akan diajukan sebagai usulan DTKS baru berdasarkan KK sendiri yang dimiliki.

Hasil pengecekan DTKS Online melalui domain Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah hasilnya lebih tepat pada status penerimaan PKH dan Sembako tidak menerima.

Home visit yang dilakukan oleh Pendamping Sosial PKH Kecamatan Demak (NURUL HADIATI,S.Kep,Ns dan MOKHAMMAD AULYA ARIF,S.Tr.Sos) mengecek kehidupan atas nama Rukadi, Desa Bango  Kecamatan Demak, dan untuk dapat dimasukkan oleh Operator SIKS-NG dalam Data DTKS Desa Bango Kecamatan Demak.

Assesment, Home Visit Dan Tindaklanjut Atas Aduan Laporgub Rukadi Desa Bango Kecamatan Demak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *