DEMAK – Dalam rangka penurunan kemiskinan dan pemberdayaan kelompok masyarakat, Kementerian  Sosial RI melaksanakan monitoring keberadaan KUBE PKH di Desa Ngaluran Kecamatan Karanganyar pada tanggal  4  Desember 2019 jam 16.00 – 18.30 WIB.

Pengarahan dari Ibu YENI AMELIA, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memantau dan mendapatkan informasi tentang proses pelaksanaan serta pemanfaatan bantuan sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang telah disalurkan oleh Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah II tahun 2019 secara Tepat Waktu, Tepat Sasaran, Transfaran dan Akuntabel.

Kunjungan Pemantauan dan evaluasi di KUBE “Rizki Jaya” Desa Ngaluran Kecamatan Karanganyar dengan jenis usaha Pembuatan Kerupuk Tayamum, tujuannya untuk mengetahui keberadaannya dan bantuan dari Kementerian Sosial sebesar Rp. 20.000.000,– apakah sudah dibelanjakan sesuai RAB yaitu pengadaan belanja modal Meja cetakan, widig, cetakan kerupuk, kayu, batu bata dan kebutuhan dasar pembuatan kerupuk.

Sedangkan memantauan dan evaluasi di KUBE “Berkah Sejahtera” dengan jenis usaha Pertamini. Adapun  tujuannya untuk mengetahui keberadaannya dan bantuan dari Kementerian Sosial apakah sudah dibelanjakan sesuai RAB yaitu pengadaan belanja modal Mesin Pertamini dan pembelian Pertamax.

Dan Kunjungan Pemantauan dan evaluasi di KUBE “Subur Sejahtera II” dengan jenis usaha Penjualan Kerudung. Adapun tujuannya untuk mengetahui keberadaannya dan bantuan dari Kementerian Sosial sebesar Rp. 20.000.000,– apakah sudah dibelanjakan sesuai RAB yaitu pengadaan belanja Etalase, Manekin dan bermacam-macam kerudung/jilbab.

Dilanjutkan ke KUBE “Subur Sejahtera I” dengan jenis usaha Penjualan Sembako, tujuannya untuk mengetahui keberadaannya dan bantuannya sudah dibelanjakan sesuai RAB yaitu pengadaan belanja Modal Etalase, Rak dan Kebutuhan Sembako.

Dalam kesempatan ini Kepala Bidang Linjamsos pada Dinsosp2pa Kabupaten Demak (TITIK BUDIYANTI,SH,MH) menyampaikan bahwa bantuan stimulant dari Kementerian Sosial tersebut dapat meningkatan taraf hidupnya, kesejahteraan dan pendapatan KPM PKH, dan membantu warga miskin lainnya, menurunkan angka kemiskinan yang akhirnya KPM PKH dapat menggradusi diri sendiri menjadi keluarga sejahtera mandiri.

KUBE PKH DESA NGALURAN TINGKATKAN PENDAPATAN ANGGOTANYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *