Demak- Dalam rangka  kegiatan non fisik TMMD Reguler ke 105  Tahun 2019  yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Kalikondang Kecamatan Demak, hari Jum’at, 26  Juli 2019 jam 20.00-21.30 WIB, yang diikuti sebanyak 50 orang dari Ketua RT, Ketua RW, Tokoh Masyarakat, Perangkat, Pengurus PKK, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta Pemuda.

Kegiatan tersebut dihadiri dari Dinas Sosial P2PA, Dinpora dan Dindukcapil sebagai narasumber. Dinas Sosial P2PA yang diwakili oleh Kepala Bidang Linjamsos (TITIK BUDIYANTI,SH,MH) dan Koordinator PKH Kabupaten Demak, dalam penjelasannya Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga dan/atau seseorang  miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin diolah oleh Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial  (Pusadatin) ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Komponen bantuan PKH antara lain :

  1. Ibu hamil/ ibu nifas
  2. Balita / Anak Pra sekolah
  3. SD, SMP, SMA
  4. Lansia di atas 60 tahun
  5. Penyandang Disabilitas berat/Ganda

Tujuan Umum PKH adalah :

  1. Meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial;
  2. Mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan;
  3. Menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial;
  4. Mengurangi angka dan rantai kemiskinan dan kesenjangan.
  5. mengenalkan manfaat produk dan jasa keuangan formal kepada Keluarga Penerima Manfaat.

Harapannya kepada masyarakat Desa Kalikondang apabila yang belum mendapatkan Program Bantuan Sosial untuk dapatnya dimasukkan datanya ke SIKS-NG, dan yang mendapatkan bantuan sosial sudah meningkat kehidupannya/sosial ekonominya untuk mengundurkan diri secara sukarela, dengan graduasi mandiri tujuan PKH dalam rangka menurunkan kemiskinan dapat tercapai.


PEMBINAAN KPM PKH UNTUK PERCEPATAN GRADUASI MANDIRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *