Kegiatan Bidang Perlindungan dan Jaminan pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak, Kamis 17 Maret 2022 Jam 13.00-15.30 WIB, mengadakan Rapat koordinasi dan verifikasi bantuan sosial pangan Tunai, dengan peserta TKSK, Kasi Kesra Kecamatan, Operator SIKS-NG dari Kecamatan Bonang dan Kecamatan Karangtengah.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Sosial, P2PA Kabupaten Demak (Drs, Eko Pringgolaksito,M.Si) menyampaikan Bahwa Kemensos terus berupaya agar daerah berperan aktif dalam melakukan verifikasi dan validasi data masyarakat miskin. Tujuannya, agar bantuan sosial yang disalurkan nantinya benar-benar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan. Dan mohon disampaikan kepada warga masyarakat di Kemensos ada 4 Cara Cek dan Daftar DTKS online lewat HP itu ada Cek Bansos dalam DTKS, cara cek agar yang tidak mendapatkan Bansos datang ke dinas. Cara Cek dan Daftar DTKS Online  Bagi Anda yang merasa layak menerima bantuan sosial dari Kemensos, bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai KPM di DTKS. Setelah mendaftar, Anda bisa cek hasilnya secara online. Cara cek DTKS online lewat HP di cekbansos kemensos.go.id sangat mudah, bisa lewat HP maupun PC.

Pemerintah memang tidak menghentikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak dan membutuhkan. Hingga tahun 2022 nanti, Kemensos tetap akan menyalurkan bantuan sosial dengan tepat sasaran sesuai dengan DTKS. Jadi, DTKS adalah singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang berada di bawah kendali Kemensos. DTKS meliputi beberapa aspek, seperti Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat sekitar 40% penduduk Indonesia yang dinyatakan memiliki status kesejahteraan sosial yang paling rendah. Di dalamnya memang memuat masyarakat Indonesia yang miskin atau rawan miskin dan butuh bantuan sosial dari Pemerintah Indonesia.

Narasumber lainnya Koordinator Daerah (Korda) Bansos Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Demak (ZAKKIE NAUVAL IDEALIMA,SH,MH)  menyampaikan untuk entry PBI JK setiap Bulan tanggal 1 – 12 dan Usulan Entry DTKS 13 – 30, sedangkan untuk ketidaklayakan juga tanggal 13-30 setiap bulannya, dan dilanjutkan dengan praktek Bintek Aplikasi SIKSDJ V2 Modul DT Jateng.

Rakor Verifikasi Dan Evaluasi Bantuan Sosial Pangan Tunai Kecamatan Bonang dan Kecamatan Karangtengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *