D E M A K,  Rabu 10 November 2021 Pukul 08.00 Wib

BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KAB. DEMAK.  Memenuhi undangan dari Badan kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Tengah Pelatihan Pengolahan Kunyit Kering Dalam Rangka Mewujudkan Desa Sejahtera Bagi Perempuan Dan Anak Di Desa Kebonbatur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun 2021. Dengan Peserta yang hadir OPD Terkait DINSOS P2PA  Kab. Demak, DINDAKOP UMKM Kab. Demak, DIPERMADES P2KB Kab. Demak, DINKOMINFO Kab. Demak, DINKES Kab. Demak, Kecamatan Mranggen, Balai Desa Kebonbatur, Tim Penggerak PPK Desa Kebonbatur dan Ketua GOW Kab. Demak. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Aula Desa Kebonbatur Mranggen. Kegiatan dibuka secara langsung sekaligus pemberian sambutan selamat datang oleh Bupati Demak Ibu Dr. Hj. Eisti’anah, SE dilanjutkan dengan laporan penyelenggara pelatihan oleh Ibu Nawal Arafah Yasin, M.S.I. Penyerahan secara simbolis Instrumen pelatihan pengolahan kunyit dari BKOW Jateng dan Penyerahan Uang 20 Juta dari DINSOS Prov. Jawa Tengah dan dilanjutkan sambutan Wakil Gubernur Jawa Tengah sekaligus membuka pelatihan oleh Bapak H. Tay Yasin.

Melalui program Desa Sejahtera (Destara) yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jateng, pemberdayaan masyarakat semakin ditingkatkan melalui budidaya kunyit. Para perempuan di Desa Kebonbatur, Kecamatan, Mranggen Kabupaten Demak.  dilatih mengolah kunyit menjadi berbagai produk yang dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat. Kunyit atau kunir merupakan salah satu komoditas pertanian unggulan Kabupaten Demak. Bahkan, budidaya tanaman rimpang tersebut menjadi andalan untuk menekan angka kemiskinan. H. Tay Yasin Wakil Gubernur Jawa Tengah juga selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Jateng berharap, ketika pemerintah berupaya mengentaskan kemiskinan, masyarakat jangan hanya meminta bantuan, tetapi harus berdaya. Masyarakat Kebonbatur harus berdaya, memiliki inovasi, dan memiliki jiwa entrepreneur atau berwirausaha.

Sehingga apa saja yang ada di daerah Kebonbatur yang bisa dikembangkan. Ketua Umum BKOW Jateng, Nawal Arafah Yasin, M.S.I menambahkan, pelatihan ekonomi bagi kelompok perempuan di Desa Kebonbatur. Pelatihan mengolah kunyit menjadi berbagai produk minuman dan serbuk kering tersebut diikuti sebanyak 30 perempuan yang terbagi menjadi tiga kelompok. Tujuan pelatihan ekonomi di Desa Kebonbatur ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengolah hasil pertanian, khususnya kunyit. Pelaksanaan program Destara ini lebih fokus pada pemberdayaan perempuan rentan.

PELATIHAN PENGOLAHAN KUNYIT KERING DALAM RANGKA MEWUJUDKAN DESA SEJAHTERA BAGI PEREMPUAN DAN ANAK DI DESA KEBONBATUR KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *