D E M A K,  SENIN 18 OKTOBER 2021 PUKUL 08.00 WIB.

BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN DEMAK.

Plt Kabid Bidang P2PA (Maftukhah Kurniawati, SH, MH) dan Plt. Kasi KHPK (Ana Istiqomah, S.Psi, Psi) Melaksanakan kegiatan Pelatihan Perencanaan Dan Penganggaran Responsif Gender Bagi Pendamping Desa Tahun 2021 Dalam Rangka Pelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Pada Lembaga Pemerintah Kewenangan Kabupaten. Yang bertempat di Ruang Grahadika Bina Praja Kab. Demak. Dengan peserta yang dari KEMENDES Tenaga Pendamping Profesional Kab. Demak. Kegiatan dibuka serta pemberian pengarahan secara langsung oleh Kepala DINSOS P2PA Kab. Demak (Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si) sekaligus pengarahan dan sebagai moderator  Plt Kabid Bidang P2PA (Maftukhah Kurniawati, SH, MH). Kegiatan inti dilanjutkan dengan Materi dari Narasumber dari Pemalang (Muhammad Tarom, SE) dengan materi Perencanaan dan Penganggaran Responsive Gender.  Pengarusutamaan Gender ditujukan untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan, yaitu pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh penduduk Indonesia baik laki-laki maupun perempuan. setelah materi disampaikan berlanjut dengan sesi tanya jawab dengan peserta.

Tujuan kegiatan adalah  melalui pelatihan  dapat meningkatkan kapasitas SDM tenaga pendamping desa sehingga dapat ikut serta mendorong dan mendampingi Kelurahan/Desa  dalam menerapkan PPRG. Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) yang direfleksikan dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kelurahan/Desa, Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan/desa, Renstra dan Renja diharapkan dapat menghasilkan Anggaran Responsif Gender (ARG), dimana kebijakan pengalokasian anggaran disusun untuk mengakomodasi kebutuhan berbeda antara perempuan dan laki-laki, anak-anak, lansia, kelompok disabilitas serta kaum marginal.

PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER BAGI PENDAMPING DESA TAHUN 2021 DALAM RANGKA PELEMBAGAAN PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) PADA LEMBAGA PEMERINTAH KEWENANGAN KABUPATEN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *