Galeri Potensi Demak

 DESTINASI WISATA DAN POTENSI KABUPATEN DEMAK

Kabupaten Demak adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Sebuah Kabupaten yang memiliki segudang bahkan semilyar potensi, panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihat langsung keindahan wisata alamnya. Keindahan wisata di Kabupaten Demak ini belumlah seluruhnya terekspos ke publik karena masih ada beberapa wisata wisata alam yang masih tersembunyi sehingga banyak dari traveler dan bahkan sebagian warga Kabupaten Demak sendiri masih belum mengetahui objek wisata yang ada di Kabupaten Demak tersebut.

Kabupaten Demak sendiri memiliki berbagai jenis objek wisata yang wajib anda explore jika sedang berlibur atau sedang berada di Kabupaten Demak. Wisata itu antara lain berupa Air terjun atau Curug, Danau atau Waduk, Situs peninggalan sejarah atau Museum, Spot spot tempat berhunting Foto kekinian yang sangat instagramable, hingga wisata kuliner yang sangat memanjakan lidah anda.

Wisata yang disuguhkan di Kabupaten Demak ini sangatlah luar biasa memanjakan mata anda. Oleh sebab itu jangan khawatir,  karena potensi Kabupaten Demak sangat direkomendasikan banget buat anda untuk berwisata ke berbagai objek wisata dibawah ini:

MASJID AGUNG DEMAK

KOORDINAT: KLIK DISINI

Di Kabupaten Demak memang sudah terkenal dengan wisata religinya yaitu Masjid Agung Demak. Masjid ini memiliki umur paling tua di Pulau Jawa. Tak Jarang banyak pengunjung yang datang dari luar kota bahkan dari luar Pulau Jawa juga ada. Lokasi masjid ini berada di tengah kota, tepatnya di  Kauman kelurahan Bintoro sebelah barat Alon-alon Kabupaten Demak.

Masjid ini memiliki bangunan yang berbeda dengan masjid lainnya. Kubah yang ada diatas Masjid ini berbentuk Limas dan bersusun tiga. Kubah tersebut memiliki arti tersendiri yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.

MUSEUM MASJID AGUNG DEMAK

KOORDINAT: KLIK DISINI

Tempat ini lokasinya ada di halaman Masjid Agung Demak. Di sini terdapat beragam peninggalan diantaranya adalah serat-serat dan kitab yang ditulis oleh para wali, bedug, pintu asli masjid ketika awal pembangunan, gentong dari Campa, miniatur masjid, serta ilustrasi bentuk masjid sejak 500 tahun lalu sampai dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada bangunan tersebut (setelah renovasi).

PANTAI MOROSARI

KOORDINAT: KLIK DISINI

Tempat wisata yang sering dikujunjungi oleh wisatawan adalah pantai. Demak pun memiliki tempat wisata pantai yang indah. Tempat wisata di Kabupaten Demak yang indah tersebut adalah Pantai Morosari. Pantai ini berlokasi di Sayung dan mempunyai panorama indah dengan deretan hutan mangrove/hutan bakau di dekatnya.

BROWN CANYON DEMAK

KOORDINAT: KLIK DISINI

 

Tak perlu jauh-jauh liburan ke Amerika untuk menikmati keindahan atau sekadar berselfie dan groufie berlatar ngarai yang indah. Karena di Indonesia juga ada. Lokasi yang booming di Kabupaten Demak ini, setelah gambar-gambarnya tersebar di dunia maya ini dijuluki Brown Canyon Demak.

MAKAM SUNAN KALIJAGA

KOORDINAT: KLIK DISINI

Makam Keramat yang patut untuk di ziarahi adalah makam Kanjeng Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga atau orang jawa juga menyebutnya Sunan Kalijogo merupakan salah satu dari 9 Wali yang menyiarkan agama islam di tanah Jawa.

MAKAM RAJA DEMAK

KOORDINAT : KLIK DISINI

Memang Kabupaten Demak merupakan Kabupaten yang penuh sejarah dan juga penuh dengan hal yang berbau agamis. Tempat wisata selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai wisata budaya dan sejarah adalah Makam Raja-raja Demak. Letaknya di bagian utara Masjid Agung Demak. Makam yang ada di sini antara lain adalah Makam Pangeran Trenggono, Raden Patah, Syekh Maulana Maghribi, sampai dengan Arya Penangsang.

AGROWISATA JAMBU MERAH DELIMA DAN BELIMBING 

KOORDINAT: KLIK DISINI

Seperti halnya Kota Bogor yang mempunyai argowisata yang indah, ternyata Kabupaten Demak juga tak mau kalah. Kabupaten Demak mempunyai argowisata jambu merah dan belimbing yang sayang jika anda lewatkan ketika berkunjung ke kota wali ini. Buah Blimbing juga menjadi wisata kuliner khas demak yang sudah terkenal.

PANTAI MORO DEMAK

KOORDINAT: KLIK DISINI

Apakah Anda sedang mencari wisata bahari di Kabupaten Demak? Selain Pantai Morosari, Anda juga bisa menikmati pesona pantai morodemak. Obyek wisata di Kabupaten Demak ini berada Kec. Bonang, tidak jauh dari pusat kota. Yang menarik dari pantai ini adalah suasananya. Pantai Moro Demak terkenal karena adanya pemandangan pantai yang sangat indah terutama kala sunrise maupun sunset.

HUTAN MANGRUVE/HUTAN BAKAU

KOORDINAT: KLIK DISINI

Di Hutan Mangrove/Hutan Bakau Morosari pangunjung akan menjumpai sebah pemandangan hutan mangrove yang arsi, alami dan sejuk. Ribuan hektar pohon bakau dan ratusan macam jenis burung hidup di kawasan dampak abrasi tersebut. Uniknya lagi tak jauh dari kawasan taman mangruve ini terdapat sebuah makam apung yakni Makam Syekh Mudzakir.

SENTRA KERAJINAN BATIK DEMAK

KOORDINAT: KLIK DISINI

Rupanya Kabupaten Demak pun punya kekayaan lokal berupa batik dengan motif beragam yang menggambarkan berbagai hasil alam daerah serta bermacam elemen yang ada di Masjid Agung Demak. Di tempat yang satu ini anda tak hanya dapat berbelanja saja, melainkan juga melihat proses pembuatan batik, dari awal sampai tercipta kain yang sudah jadi. Batik tak hanya identik dengan Kota Jogja, Kota Solo maupun Kota Pekalongan.

Kabupaten Demak pun memiliki sentra “Batik Demak” tersendiri. Setiap sentra industri batik di setiap kota memiliki ciri khasnya sendiri sendiri salah satunya dengan batik yang ada di sentra Batik Demak ini.

GREBEG BESAR DEMAK

KOORDINAT: KLIK DISINI

Ini adalah sebuah tradisi yang ada di Kabupaten Demak yang dilakukan pada bulan haji (dzulhijah). Tepatnya tanggal 9 Dzulhijah akan ada arak-arakan tumpeng songo dari pendopo kabupaten menuju ke Masjid Agung Demak. Setelah sederetan acara dan pengajian, pengunjung dapat menikmati santapan tumpeng songo di serambi masjid. Paginya, 10 Dzulhijah merupakan puncak dari grebeg besar, dimana akan ada prajurit patang puluhan yang mengiringi Bupati dan Jajarannya dari Masjid Agung Demak menuju Kadilangu untuk melakukan penjamasan (memandikan pusaka) peninggalan para wali serta Kerajaan Demak.

 SENTRA KERAJINAN KALIGRAFI

KOORDINAT: KLIK DISINI

Sesuai dengan julukanya sebagai kota wali, tidak heran jika di Kabupaten demak banyak di jumpai para pengrajin kaligrafi. Para pengrajin ini menjual hasil kerajianan mereka di kios-kios sekitar Masjid Agung Demak dan makam Sunan Kalijaga, jadi anda tidak perlu bingung jika ingin membeli kaligrafi. Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan kaligrafi yang bertuliskan tulisan arab ini. Kaligrafi demak di kenal dengan kaligrafi yang berkualitas dan indah.

SENTRA KERAJINAN REBANA

KOORDINAT: KLIK DISINI

Tempat selanjutnya yang dapat anda kunjungi saat mengisi liburan di Kabupaten Demak yaitu sentra kerajinan rebana. Seni budaya yang telah jadi tradisi dan kebanggaan masyarakat Demak selain wayang dan juga tembang-tembang adalah marawis dan juga rebana. Di sentra kerajinan rebana Desa Karangmlati Kecamatan Demak anda akan melihat banyaknya elemen yang terdapat pada marawis dan juga rebana (fungsi, nama, serta filosofi yang ada di dalamnya). Ternyata rebana yang diproduksi di sini telah beredar sampai seluruh pelosok nusantara.

KELENTENG HOX TEK BIO

KOORDINAT: KLIK DISINI

Jika Anda sedang mencari wisata di Kabupaten Demak dan sekitarnya yang berbeda, Anda bisa berwisata ke Kelenteng Hok Tek Bio. Kelenteng ini merupakan tempat peribadatan warga Konghucu yang berlokasi di Bintoro Kecamatan Demak. Bangunan kelenteng yang khas dengan warna merah dan emasnya ini mampu menarik daya pikat wisatawan. Terlebih lagi keunikan setiap struktur bangunannya yang menjadikan kelenteng ini wisata religi yang khas.

MAKAM TERAPUNG SYEKH MUDZAKIR

KOORDINAT: KLIK DISINI

Kabupaten Demak memang terkenal dengan wisata religinya. Makam Terapung Syekh Mudzakir menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi para peziarah maupun wisatawan umum lainnya. Mengapa makam ini begitu menarik? Dari namanya, mungkin anda akan berpikiran jika makam tersebut terapung di atas air laut.

Makam Terapung Syekh Mudzakir merupakan sebuah peninggalan religi dan sejarah. Seperti namanya, makam ini terletak di pinggir laut, bahkan diibaratkan mengapung di area laut tersebut. Untuk mencapai makam, disediakan jembatan kayu yang sangat khas dan tradisional. Sehingga hal ini justru memberikan ciri yang khas dan menjadi daya Tarik tersendiri.