PEKAN VALIDASI CALON KPM PKH KABUPATEN DEMAK

Pertemuan awal dan validasi Desa Balerejo, Kecamatan Dempet

Validasi dan pertemuan awal Calon Keluarga Penerima Manfaat (CKPM) Program Keluarga Harapan dilaksanakantanggal 24 – 31 Agustus 2019 oleh Pendamping Sosial di desa/kelurahan dampingan masing masing. CKPM validasi 2019 di Kabupaten Demak berjumlah 10.904. Masing masing CKPM mendatangi lokasi pertemuan awal berdasarkan SUPA yang dibagikan oleh Pendamping Sosial.

Pertemuan awal dan validasi Desa Brambang, Kecamatan Karangawen

CKPM yang telah mendapatkan SUPA wajib hadir dan membawa berkas berupa Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, dan surat keterangan sekolah (bagi yang memiliki komponen anak sekolah) yang akan digunakan untuk validasi data ke lokasi pertemuan awal yang tertera di SUPA. Pertemuan awal bertujuan untuk sosialisasi tentang PKH, bisnis proses PKH, komponen yang bisa menerima PKH, dan hak kewajiban sebagai KPM PKH. Setelah penjelasan mengenai PKH, para CKPM akan divalidasi berdasarkan kondisi fakta terkini serta untuk mencari tahu apakah CKPM memenuhi kriteria menjadi KPM PKH. Jika CKPM berhalangan hadir ke pertemuan awal, maka Pendamping Sosial akan melakukan kunjungan ke rumah CKPM tersebut. Hasil dari pertemuan awal inilah yang akan akan di-entry melalui aplikasi ePKH yang kemudian akan dikirim secara online kepada Kementrian Sosial RI untuk ditetapkan sebagai peserta PKH.

Pertemuan awal dan validasi Desa Bulusari, Kecamatan Sayung

 

Dalam pertemuan awal tersebut, para CKPM akan divalidasi berdasarkan kondisi fakta terkini serta untuk mencari tahu apakah CKPM memenuhi kriteria menjadi KPM PKH. Selanjutnya, hasil validasi akan di-entry melalui aplikasi ePKH yang kemudian akan dikirim secara online kepada Kementrian Sosial RI untuk ditetapkan sebagai peserta PKH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *