KOMPLEMENTARITAS PKH STRATEGI TERBAIK PENURUNAN KEMISKINAN

Mengikuti Kegiatan Workshop Komplementaritas Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Laras Asri Salatiga selama 2 hari (3-4/07) oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Titik Budiyanti, SH, MH dan Perwakilah Koordinator Kabupaten Demak, Musafak, S.Kom, sebagai peserta dari Kabupaten Demak. Kegiatan Workshop tersebut dihadiri oleh Kementerian Sosial RI, Tim Gubernur Jawa Tengah, Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah sebagai narasumber. Adapun peserta yang dihadirkan pada workshop tersebut adalah Koordinator Wilayah Jawa Tengah, Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Koordinator Kabupaten/Kota 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah dan Himbara yang terdiri dari BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri dari Kantor Wilayah Jawa Tengah, D.I Yogyakarta dan dari Kantor Cabang 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah dalam sambutan yang dibacakan oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah menyampaikan dukungan atas nama pemerintah Provinsi Jawa Tengah terhadap pelaksanaan PKH yang didukung dengan komplementaritas sosial lainnya. Direktor Jaminan Sosial Keluarga dalam memberikan paparan juga meyebutkan, “KPM peserta PKH harus mendapatkan bantuan komplementaritas sebagaimana halnya pangan, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain dikarenakan KPM PKH merupakan strata sosial ekonominya adalah yang paling bawah”, tandasnya. Penanganan kemiskinan secara komprehensif menjadi strategi yang dipakai oleh pemerintah dalam upaya percepatan pengentasan kemiskinan.

Penyerahan sertifikat graduasi sejahtera mandiri secara simbolis kepada 6 KPM PKH yang sudah meningkat kesejahteraannya oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah bersamaan dengan pelaksanaan workshop. Pada moment tersebut juga turut diceritakan bagaimana kondisi KPM mulai awal hingga berjalannya waktu menjadi sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *