Monitoring KPM di desa Temuroso Kec. Guntur Kab. Demak

Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2)/Family Development Session (FDS) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Demak oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2PA) Kabupaten Demak, Koordinator Wilayah (Korwil) Jawa Tengah, Koordinator Kabupaten (Korkab) dan Pekerja Sosial Supervisor dengan didampingi oleh perwakilan Pendamping Sosial Kecamatan Guntur (14/06).

Kunjungan pemantauan dan evaluasi P2K2/FDS yang dilakukan di Desa Temuroso Kecamatan Guntur pada pertemuan kelompok yang dilakukan oleh Pendamping Sosial bersama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan P2K2/FDS berjalan dengan baik dan tidak ada permasalahan serta apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai, karena P2K2 merupakan salah satu business process PKH yang wajib untuk dilaksanakan. Adapun tujuan P2K2/FDS adalah untuk memberikan pengetahuan kepada KPM sehingga terjadi perubahan perilaku dan pola pikir KPM menjadi lebih produktif menuju sejahtera mandiri. Dengan makin banyaknya KPM sejahtera mandiri maka dapat dilakukan graduasi dan dihentikan dari kepesertaan PKH sehingga upaya pemerintah dalam penurunan angka kemiskinan melalui PKH bisa tercapai.

“Materi FDS yang saya berikan kepada KPM pada sesi pertemuan kali ini adalah tentang Modul Ekonomi”, tutur, Ummi Rofiatun Nafiah, S.Pd.I, selaku Pendamping Sosial yang mendampingi wilayah Desa Temuroso. Pemberian arahan dan dorongan juga turut diberikan oleh Kabid. Linjamsos Dinsos P2PA Demak, Titik Budiyanti, SH. MH., Korwil Jawa Tengah, Agus Salim, SH.I, dan perwakilan Korkab Demak, Musafak, S.Kom., kepada para KPM yang hadir dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga terutama yang menyangkut dengan pemberian materi P2K2/FDS. Selain materi ekonomi yang meliputi pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha, masih banyak materi P2K2/FDS lainnya yang telah disiapkan oleh Kementerian Sosial RI sebagai bahan untuk disampaikan dengan metode pembelajaran orang dewasa kepada KPM. Diantaranya adalah materi Pendidikan dan Pengasuhan Anak, Kesehatan dan Gizi, Perlindungan Anak, dan Kesos yang meliputi Disabilitas dan Lansia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *